Sudah Amankah Transaksi Online Kamu?

Isu keamanan dari situs yang Kamu akses menjadi sangat penting untuk mengantisipasi data diri Kamu ketika bertransaksi melalui internet, baik data pribadi, data kartu kredit atau data pembayaran lainnya. Hal ini, untuk menghindari kita dari kerugian yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara menghindarinya? Hal yang paling mudah adalah dengan mendeteksi dari alamat websitenya, apakah website ini menggunakan HTTP atau HTTPS.

HTTP

Hyper-text Transfer Protocol atau lebih dikenal dengan HTTP  merupakan protokol yang mengatur komunikasi antara server dengan web browser  yang dapat mengakses/menerima/menampilkan konten web. Ketika Kamu mengakses halaman sebuah website, Kamu akan melihat tulisan ini (http://) pada bar url atau alamat website.

Website dengan awalan url HTTP sebaiknya dihindari dan tidak disarankan untuk meneruskan transaksi. Terutama bila Kamu akan memasukkan data pribadi yang bersifat sensitif ke dalam website. Misalnya, Kamu harus memasukkan data diri, password dan data bank seperti kartu kredit, dll. Data-data ini bisa ditransmisikan menjadi cleartext (tidak terenkripsi) dan kemudian dapat dibaca oleh siapapun. Keamanan atas data diri yang sudah Kamu input tidak akan terjamin. Website dengan HTTP belum menggunakan lapisan keamanan dalam sistemnya.

HTTPS

Hyper-text Transfer Protocol Secure atau lebih sering dikenal dengan HTTPS. Pengertiannya hamper sama dengan HTTP namun memiliki kelebihan di bidang keamanan atau pada huruf “S” yang artinya Secure atau aman. Artinya website ini telah menggunakan lapisan keamanan yaitu SSL (Secure Sockets Layer).

SSL

Website yang memiliki sertifikat SSL (SSL Certificate) akan dikenali browser sebagai situs yang terpercaya dan lebih disukai oleh search engine. SSL akan mengenkripsi transfer data dari website untuk mengamankan komunikasi antara komputer dan server. SSL juga akan menjaga data sensitif seperti usernamepassword, data kartu kredit, data bank dan informasi sensitif lainnya dari pencurian. Oleh karena itu, SSL menjadi indikator penting bagi Kamu yang sering melakukan transaksi online dan diminta mengunggah data pribadi diwebsite atau untuk pengelola website dimana website tersebut meminta data diri pengunjung dalam sistemnya.

Pemilik website wajib menggunakan SSL agar pengunjung merasa aman melakukan transaksi termasuk website Mister Kirim yang sudah menggunakan SSL sehingga buat Kamu yang akan memesan layanan kurir, dijamin transaksi online Kamu atau data diri Kamu AMAN.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer